- .Definisi ITSMService management atau yang lebih dikenal dengan IT Service Management (ITSM) merupakan sebuah konsep manajemen yang memberikan layanan informasi dengan memanfaatkan kecanggihan IT untuk memberikan informasi yang berkualitas sebagai bentuk pelayanan kepada para pelanggan.
- Service Management
- Service Lifeclcye
Service
lifecycle terdiri dari tiga fase aktif
dan satu lapisan dasar yang beroperasi di seluruh semua tahapan lainnya . Yaitu
:
- The
Plan Phase.
- The
Deliver Phase.
- The
Operate Phase.
- The Manage Layer.
Rencana Tahap umumnya fase awal. Tujuan dari fase
ini adalah untuk merencanakan dan mengoptimalkan strategi layanan TI untuk
mendukung tujuan bisnis dan tujuan.
Deliver Tahap datang berikutnya.
Tujuan dari fase ini adalah untuk memastikan bahwa layanan TI yang dikembangkan
secara efektif, dikerahkan berhasil, dan siap untuk Operasi.
Berikutnya adalah Mengoperasikan
Tahap. Tujuan dari fase ini adalah untuk memastikan bahwa layanan TI
dioperasikan, dipelihara, dan didukung dengan cara yang memenuhi kebutuhan
bisnis dan harapan.
Kelola Layer adalah dasar dari
siklus hidup layanan TI. Tujuannya adalah untuk memberikan prinsip-prinsip
operasi dan praktik terbaik untuk memastikan bahwa investasi di IT memberikan
nilai bisnis yang diharapkan pada tingkat risiko yang dapat diterima. Fase ini
berkaitan dengan tata kelola TI, risiko, kepatuhan, peran dan tanggung jawab,
manajemen perubahan, dan konfigurasi. Proses dalam fase ini berlangsung selama
semua fase siklus hidup.
- The Processes And Function
" Processes " , sebaliknya , adalah kelompok kegiatan yang
menghasilkan hasil yang didefinisikan , seperti proses Manajemen Insiden .
Beberapa Fungsi mungkin memiliki bagian dalam Proses
sebuah ( Dinas meja dan tim operasi SAP mungkin baik harus melakukan kegiatan
dalam proses Manajemen Insiden ) .
Banyak kebingungan berasal dari kenyataan bahwa di dunia
nyata sering ada " Function " dan " Proses " dengan nama yang sama : Misalnya , tim
Manajemen Fasilitas ( " processes " ) akan melakukan serangkaian kegiatan fasilitas terkait , yang
sebagai keseluruhan disebut proses Fasilitas Manajemen .
- Deming Cycle
PLAN : Desain atau merevisi komponen proses bisnis untuk
meningkatkan hasil
DO : Melaksanakan rencana dan
mengukur kinerjanya
CHECK : Menilai
pengukuran dan melaporkan hasilnya kepada pengambil keputusan
ACT : Tentukan perubahan yang
diperlukan untuk meningkatkan proses
siklus PDCA Deming dapat digambarkan sebagai berikut :
- Measurement
Tidak ada satupun aktifitas di dunia ini yang
bisa dipisahkan dari kegiatan pengukuran. Keberhasilan suatu program dapat
diketahui melalui suatu pengukuran. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
tidak bisa lepas dari kegiatan pengukuran. Penelitian-penelitian yang dilakukan
dalam semua bidang selalu melibatkan kegiatan pengukuran, baik yang bersifat
kuantitatif maupun kualitatif. Oleh karena itu, pengukuran memegang peranan
penting, baik untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maupun untuk
penyajian informasi bagi pembuat kebijakan.
Pada dasarnya pengukuran merupakan kegiatan
penentuan angka bagi suatu objek secara sistematik. Penentuan angka ini
merupakan usaha untuk menggambarkan karakteristik suatu objek. Kemampuan
seseorang dalam bidang tertentu dinyatakan dengan angka. Dalam menentukan
karakteristik individu, pengukuran yang dilakukan harus sedapat mungkin
mengandung kesalahan yang kecil. Kesalahan yang terjadi pada pengukuran
ilmu-ilmu alam lebih sederhana dibandingkan dengan kesalahan pengukuran pada
ilmu-ilmu sosial.
- Metrics
Kinerja keuangan dilacak menggunakan
baterai item baris individu yang dilaporkan dalam tiga laporan keuangan utama –
keuntungan dan kerugian, neraca, dan laporan arus kas. Baris ini meliputi
penjualan, harga pokok penjualan, beban pajak, laba setelah pajak, total aset,
belanja modal, dan arus kas dari operasi. Item baris keuangan yang digunakan
untuk menghitung litani rasio keuangan.
Analisis rasio keuangan adalah
topik standar yang tercakup dalam berbagai program akuntansi dan manajemen
sarjana serta teknik inti untuk analisis investasi. Bidang-bidang utama yang
dicakup oleh rasio keuangan meliputi profitabilitas penjualan, efisiensi biaya,
kekuatan aliran kas, struktur modal yang digunakan, dan profitabilitas dari
modal yang. Selain manajemen, penonton utama untuk metrik ini adalah pemegang
saham, pemilik perusahaan.
Source : Google
Source : Google
Tidak ada komentar:
Posting Komentar